Memaknai Kelahiran Pembawa Cahaya

Peringatan Maulid Nabi SAW tentu tak lebih sebagai ritual rutinitas belaka jika kaum muslim tidak mau diatur oleh wahyu Allah yaitu Al Quran dan As-Sunah. Sebagaimana firman Allah

” Apa saja yang diberikan Rasul kepada kalian,terimalah; apa saja yang dilarangnya atas kalian, tinggalkanlah. (QS Al-Hasyr[57]:7)

Demikian juga ayat yang artinya :

“Sesungguhnya dalam diri Rasulullah itu terdapat suri tauladan yang baik. (QS Al-Ahzab[33]:21)

Dengan demikian, kaum muslimin dituntut agar meneladani Nabi Muhammad SAW dalam seluruh perilakunya mulai dari aqidah dan ibadahnya, makanan/minuman, pakaian dan akhlaknya hingga berbagai muamalah lain dalam bidang politik, ekonomi,sosial, pendidikan, hukum dan pemerintahan. Sebab, Rasulullah SAW tidak hanya mengajarkan bagaimana tata cara syahadat, sholat, puasa, zakat dan haji secara benar. Rosulullah juga mengajarkan tentang pengaturan masyarakat, menerapkan sanksi hukum (‘uqubat), dan melaksanakan pemerintahan secara benar.

Kelahiran Nabi SAW adalah kelahiran masyarakat baru. Sebelum Islam datang, masyarakat yang ada adalah masyarakat jahilliyah. Akan tetapi sejak kelahiran (Maulid) Nabi Muhammad SAW yang kemudian dengan ijin Allah dalam waktu 23 tahun masa kegelapan berakhir dengan masa ‘cahaya’. Masyarakat jahilliyah terkubur digantikan oleh masyarakat Islam. Sejak itu Rasulullah memimpin di segala bidang. Beliau pemimpin di masjid,pemerintahan, bahkan di medan perang. Ia juga memimpin umat melalui aktivitas ibadah yang mengantarkan jiwa para pengikutnya ke alam kelezatan samawiyah dan keindahan ibadah. Dengan demikian kita bisa menyimpulkan bahwa makna terpenting dari kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah keberadaannya membidani kelahiran masyarakat baru, yakni masyarakat Islam. Artinya sebuah komunitas yang tatanan kehidupannya semuanya diatur oleh norma Islam. (gsti)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: