Manajemen Waktu : Bagaimana Biar Disiplin

 

Pertanyaan:

ass. .wr. wb
Saya ingin bertanya bagaimana agar hidup lebih terarah dan teratur, permasalahannya walau saya telah membuat jadwal harian saya tetap saja melanggarnya dengan sebab misalnya saat waktunya belajar saya terasa ngantuk dan akhirnya tertidur, mau ngerjain jadwal lainnya malahan ada kegiatan dadakan yang harus dikerjakan dan diselesaikan saat itu juga jadi jadwal yang sebelumnya harus dikerjakan tabrakan dengan kegiatan tesebut.
Dengan keadaan seperti ini saya merasa sulit untuk berkembang, dari segi akedemik dan non akedemik.

Rusydi Hikmawan


Jawaban:
Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Barangkali yang anda tanyakan adalah masalah kebiasaan. Dan kebiasaan itu umumnya didapat dari pembiasaan. Dimana seseorang oleh lingkungannya baik keluarga atau pun lembaga dan masyarakat tempat dimana dia tinggal, telah dibentuk sedemikian rupa untuk membentuk karakter tertentu. Diantaranya adalah karakter disiplin waktu dan jadwal.

Pembiasaan ini masalah kedisiplinan waku ini bukan termasuk hal yang mudah terurama buat bangsa kita ini. Kami tidak mengatakan bahwa bangsa kita ini tidak menghargai waktu. Etapi kenyataan menunjukkan bahwa umumnya kita hidup di dalam suasana masyarakat yang tidak terlalu disiplin dengan waktu. Lihatlah di sekeliling kita. Jarang kita jumpai orang menepati waktu dalam janjinya. Hampir umumya pertemuan yang disepakati untuk dimulai pada jam tertentu lalu molor dengan mudahnya, bahkan kadang tanpa alasan yang pasti. Bahkan sampai kepada pertemuan yang bersifat resmi sekalipun yang sering digelar oleh penyelenggara negara.

Di bidnag transportasi, kita sudah biasa menyaksikan bagaimana molornya jadwal keberangkatan kereta, bus atau pesawat. Di dunia kampus, kita sudah maklum kalau bukan hanya mahasiswa yang datang terlambat, tetapi dosen pun biasa terlambat. Di dalam rapat dan acara resmi pun kita sudah makluk kalau molor jadwalnya. Barangkali hanya jadwal biokop saja yang tidak pernah ditunda-tunda. Bahkan penonton terlihat antri sebelum film diputar karena takut ketinggalan cerita.

Karena itu tidak terlalu mudah bagi seseorang untuk berdisiplin masalah waktu, bila tidak dibiasakan atau dilatih sedemikian rupa. Hanya mereka yang pernah merasakan bergaul dengan kalangan yang berdisiplin tinggi yang bisa ketularan menjadi disiplin juga.

Karena itu kami menyarankan bagi anda untuk melakukan latihan disiplin dengan sebuah komunitas tertentu, misalnya dengan teman anda atau kelompok pengajian anda. Namun yang paling baik adalah bergabung dengan sebuah komunitas yang sudah solid dalam urusan kedisiplinan itu sendiri. Sehingga anda tidak perlu sebentar-sebentar melanggar dan memakluminya. Karena di dalam komunitas yang sudah solid dalam disiplin waktu, seorang yang baru berniat untuk tidak disiplin sudah merasa malu duluan. Dan sykur kalau anda bisa bergaul dengan komunitas itu secara agak lama, maka anda insya Allah lebih baik tingkat kedisiplinannya.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.


One Response to Manajemen Waktu : Bagaimana Biar Disiplin

  1. aina says:

    terima kasih atas sarannya semoga bermanfaat bagi para pembaca dan untuk semuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: