Tentang FORHAT

LOGO FORHAT :

logo-forhat-warna.jpg

SEJARAH FORHAT

Gagasan lahirnya FORHAT dimotori oleh mahasiswa dan alumni ITS yang berdomisili di Keputih. Awal mulanya, Forum ini ada karena dipandang perlu dibentuknya suatu lembaga yang dapat memberikan solusi terpasu tentang masalah pendidikan dan sosial kemasyarakatan di kalangan umat Islam, khususnya di kelurahan Keputih. Potensi Besar yang ada di masyarakat Keputih dan jumlah mahasiswa dirasa kurang maksimum dikarenakan masing-masing komponen jarang melakukan interaksi yang dapat membawa pada perbaikan dalam lingkungan masyarakat. Permasalahan yang mendesak adalah ukhuwah dan perbaikan kondisi sosial ekonomi masyarakat keputih. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka pada tanggal 3 Oktober 1999 bertempat di Keputih gang III C/47, para mahasiswa dan alumni ITS membentuk sebuah FORUM yang kemudian diberi nama FORom Harapan umaT atau lebih dikenal dengan FORHAT.

Kedudukan FORHAT

Pusat kegiatan FORHAT (yang baru) berada di Keputih III NO. 38 Sukolilo. Telp. 03160240404/60774950.

VISI dan MISI

Visi

Terciptanya masyarakat muslim yang menegakkan nilai-nilai Islam

Misi

1. Menjadikan wadah bernuansa dakwah yang professional menuju pencerahan intelektual masyarakat Islami

2. Menciptakan masyarakat Islami tanpa meninggalkan intelektualitas, sosial, dan moralitas.


SUMBER DANA

Sumber Dana FORHAT berasal dari :

  1. Iuran Anggota 1% dari penghasilan tiap bulan
  2. Donatur
  3. Sumber-sumber dana halal lain yang tidak mengikat

PERTANGGUNGJAWABAN DANA FORHAT

Penerimaan dan Pengeluaran dana FORHAT akan dilaporkan melalui buletin Harapan Umat pada tiap bulan.

REALISASI KEGIATAN

Departemen HUMAS

HUMAS memiliki lingkup kerja yang mengarah sosialisasi organisasi dan sekaligus menjalin hubungan / kerjasama dengan lembaga-lembaga di lingkungan masyarakat sekitar. Lingkup kerja HUMAS diantaranya :

  1. Buletin HARAPAN UMAT

Buletin ini diterbitkan pada setiap awal bulan pada hari jumat. Jalur distribusinya masih melalui masjid-masjid yang ada di kawasan Keputih dan Gebang. Rubrik yang disajikan buletin ini antara lain : Sapa Redaksi, Kajian Utama, Mutiara Islam, Konsultasi, Seputar Kita, Tokoh dan Info.

  1. Silaturrahim

Silaturrahim ini dilakukan kepada tokoh dan lembaga dimana keduanya bertujuan untuk memperkenalkan FORHAT lebih jauh serta memperkuat jaringan antara lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan untuk saling bekerja sama mengadakan kegiatan bersama yang bermanfaat bagi masyarakat.

  1. Web Site/Blog

Website ini adalah salah satu produk yang memberikan kontribusi yang tidak ternilai dalam memberikan informasi seputar FORHAT. Mengingat keadaan sekarang ternologi informasi bukan suatu hal yang asing, bahkan menjadi makanan kita sehari-hari. Informasi yang disampaikan selalu di up-grade sehingga kedinamisan informasi terjaga atau dengan kata lain informasi yang disampaikan tidak monoton. Blog forhat bisa diakses dengan (harapanumat.wordpress.com)

  1. Mailing List

Untuk menumbuhkan hubungan yang erat dintara alumni FORHAT dan anggota yang masih aktif sekarang, humas juga menyediakan forum diluar syura’ (rapat) yang biasa diadakan di sekretariat yaitu forum komunikasi bersama di internet. Forum Komunikasi dikemas dalam bentuk Mailing List. Mailing List yang dibuat namanya adalah FORHAT. Forum ini digunakan untuk saling memberikan taujih dan informasi-informasi terbaru.

  1. Email

Kemajuan organisasi tidak hanya didukung oleh kontrol dari dalam ( Internal Control ) akan tetapi kontrol yang berasal dari luar ( External Control ). Fungsi kontrol dari luar adalah untuk menampung aspirasi masyarakat dari luar, baik kritisi, saran, teguran dan sebagainya. Karena itu HUMAS memiliki wadah untuk menampung hal tersebut dan dapat dikirimkan ke email harapanumat@gmail.com

Sarana pendukung sosialisasi organisasi lainnya antara lain : pengadaan sticker, pembuatan jaket, dll.

 

6 Responses to Tentang FORHAT

  1. mbak_Layla says:

    Menjadi TUA adalah kepastian
    akan tetapi menjadi DEWASA adalah sebuah pilihan
    Semoga di usia yang ke-8 FORHAT bisa memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat
    tidak sekedar sebuah harapan-harapan yang terpendam…

  2. harapan umat says:

    Amien 1000X amiens….

  3. ita says:

    Usia FORHAT udah 8 th?! Hehe.. maaf saya baru tau. Buletinnya gak boleh masuk kampus y? FORHAT udah “jalan-jalan” kemana aja? kok saya belum pernah denger di kampus saya? (D3TekSi ITS). Salam kenal aja dech….

  4. harapan umat says:

    Ya Mbak memang tidak terasa usia FORHAT udah 8th. Buletin FORHAT terbit tiap 1 bulan sekali dan itu didistribusikan ke masjid2 sekitar kelurahan keputih termasuk juga masjid Manarul Ilmi ITS secara gratis. Mungkin klo Mbak berminat dan punya bakat menulis serta punya niat berdakwak bisa bergabung dengan kami. makasih sblmny …

  5. hadi says:

    Baru tahu Forhat sudah 8 tahun. alhamdulillah rasanya teringat 8 tahun ketika pertama kali forhat berdiri.

  6. Unung Istopo says:

    Subhanalloh, semoga forum ini tetep mampu memberikan yang terbaik buat masyarakat sekitar ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: